Cara Install Driver Canon IP 2700 Series Di Linux Ubuntu

Beberapa bulan yang lalu Mpu disibukan dengan rutinitas, hingga jarang memposting artikel baru. Jadi mudah-mudahan kesananya Mpu dapat beraksi kembali dengan berbagi ilmu Mpu yg masih sedikit ini. Oke langsung aja, nah pada artikel kali ini Mpu akan membagikan Driver Canon IP 2700 Series Di Linux Ubuntu. Berhubung Semasa kuliah Mpu diwajibkan menggunakan OS Windows, Mpu jadi lupa beberapa trik di dalam penggunaan Linux terutama Ubuntu. Nah disini Mpu mengalami trouble saat ingin printout beberapa kerjaan kantor dikarenakan sekarang OS yang Mpu pakai adalah Linux Ubuntu. Tapi berkat kitab yang Mpu catat selama penggunaan ubuntu dari 'nol' hingga sekarang ini masih ada. Nah jenis printer yang Mpu gunakan disini adalah Canon Pixma IP 2770 , jadi sebelum menggunakan printer sudah jelas kisanak harus menginstall terlebih dahulu driver yang dibutuhkan dengan beberapa langkah simple. Oke langsung aja cekbrot ya...

Pertama-tama silahkan download dulu driver canon 2700 series dari situs resmi canon atau langsung download dengan menekan tombol dibawah ini


 
Berikut langkah-langkah bagaimana proses menginstall driver tersebut :  

  1. Silahkan Kisanak buka console, di Ubuntu disebut terminal. Kemudian extract file dengan login sebagai root #tar -zxvf cnijfilter-ip2700series-3.30-1-i386-deb.tar.gz (masuk dulu ke folder tempat file tsb)
  2. Jika sudah, disini masih menggunakan console/terminal dan masih di direktori hasil extract file tersebut, dan untuk menginstallnya silahkan kisanak ketik perintah berikut : #./install.sh 
  3. Selanjutnya kita akan diminta menghubungkan usb printer Canon iP2770 dalam keadaan hidup, karena driver akan mencari hardware printer untuk bisa berkomunikasi. Yang penting kisanak mengikuti instruksi dari proses penginstallan tersebut sampai selesai dan jangan terlewat. 
Nah mudah bukan kisanak? masih susah? nih ada yg lebih mudah lagi.
  1. Setelah beres download driver selanjutnya kisanak buka folder tempat file download tersebut.
  2. Kemudian extract file downloadan tersebut dengan cara klik kanan file kemudian extract.
  3. Kemudian kisanak masuk ke folder hasil extract-kan tersebut, dan cari file yang bernama install.sh
  4. Klik kanan file install.sh tersebut, kemudian masuk ke properties dan pilih permissions, kemudian check saja "Allow executing file as program" kemudian di close(jika belum terceklis).
  5. Siapkan printer dalam keadaan hidup dan colokkan usb ke PC atau Notebook Anda.
  6. Tahap selanjutnya, kisanak double klik file install.sh tersebut, dan pilih "run terminal"
  7. Ikuti proses installasi driver tersebut. Kemudian setelah proses selesai, kisanak sudah bisa menggunakan printer tersebut.
Gimana kisanak? mudah kan? mudah mudahan sedikit ilmu ini dapat membantu permasalahan kisanak dalam proses printing di OS ubuntu.
 
Selamat mencoba ^_^